oleh

Akhir Pendaftaran, KPUD Beltim Hanya Terima Dua Paslon Pilbup

-DAERAH, POLITIK-30 views
KABUPATEN BELITUNG TIMUR, MIP

Momentum bersejarah bagi Belitung Timur (Beltim) menuju pesta demokrasi. Pilkada Bupati Beltim memasuki tahapan pendaftaran bagi pasangan calon (paslon) yang dibuka sejak 4 hingga 6 September 2020. Semua paslon mendaftarkan diri ke KPUD Beltim pada hari terakhir, 6 September 2020.

Ketua KPUD Beltim, Rizal, mengungkapkan, tercatat dua paslon yang mendaftarkan diri ke KPUD Beltim, yakni paslon Yuri-Anca dan passlon Burhanudin-Khairil.

“Hari ini ada dua pasang calon yang mendaftar dengan pemeriksaan berkas calon semuanya sah dan lengkap dengan berita acara penerimaan dari dua pasang calon. Kemudian, akan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada 8-9 September. Tujuh hari ke depannya kemudian verifikasi perbaikan berkas,” ungkap Rizal.

Paslon yang mendaftar, katanya menambahkan, pada hari terakhir ini ada dua sesi. Pagi pukul 9.00 WIB yang mendaftar adalah paslon Burhanudin-Khairil, sedangkan sore hari pukul 14.00 WIB adalah paslon Yuri-Anca. Dipastikan, masihnya menurut Rizal, semua kursi legislatif sudah mendukung dua paslon ini.

“Paslon Burhanudin- Khairil diusung tiga partai, yaitu Golkar, PKS, dan Gerindra dengan jumlah delapan kursi legislatif. Paslon Yuri-Anca diusung tujuh partai, yaitu PDI-P, PBB, Demokrat, Hunura, Perindo, PAN, dan Nasdem dengan total 17 kursi. Artinya, semua kursi di DPRD Beltim (25 kursi, red) sudah habis. Dipastikan tidak ada lagi paslon yang akan mendaftar,” tegasnya.

Mengenai pendaftaran tersebut, Ketua Bawaslu Beltim, Epan Yudistira, mengatakan, hari ini pihaknya mengikuti dan mengawasi jalannya pendaftaran paslon di KPUD Beltim.

“Ya hari ini pendaftaran paslon. Kami memantau dan mengawasi langsung jalannya pendaftaran passlon. Sejauh ini belum ditemukan adanya dugaan penyimpangan atau kesalahan dari kedua paslon tersebut. Sejauh ini masih berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Epan dengan singkat. (Helmi M Fadhil)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *