oleh

Ayi: Usaha Travel Anjlok, Banting Setir Kerja Sama dengan Kargo

-DAERAH-13 views
BELITUNG TIMUR, MIP

Pandemi Covid-19 yang merambah ke seantero dunia, tak terkecuali Indonesia, ikut berdampak ke berbagai sektor. Salah satu sektornya adalah pariwisata yang sangat dirasakannya hingga ke titik terendah.

Semenjak adanya kasus pandemi covid-19 ini banyak sektor usaha yang mengalami masalah besar, bahkan tidak sedikit yang pailit. Sehingga, para pelaku wisata di Pulau Belitung pun banting setir berbalik arah 180 derajat.

Ayi, pemilik salah satu agen travel terbesar di Pulau Belitung, tak berdaya menahan gempuran dampak ekonomi covid-19 ini. Usahanya yang sudah ditekuninya puluhan tahun itu anjlok juga.

“Kondisi travel sekarang pastinya tiarap. Sama sekali tidak ada pemasukan dari sektor ini. Omzet  ke titik nol,” ujar pengusaha yang memulai usahanya dengan menjual tiket ini saat dihubungi via ponselnya, Jumat (26/6).

Untuk menyikapi situasi usaha wisata yang sangat memprihatinkan ini, dirinya bersama rekan seprofesinya mencoba dengan terobosan lain. Hal dilakukan agar ada pemasukan untuk mempertahankan hidup.

“Kita pelaku wisata banyak yang banting setir usaha di bidang lain untuk bertahan hidup. Dalam berbagai kesulitan, kami dan beberapa teman mencoba kerja sama dengan pesawat kargo untuk hidupkan sektor UKM. Setidaknya sebagian dari pelaku wisata dapat bermain di sektor online,” ungkapnya.

Ia mengatakan, upaya tersebut tidaklah sia-sia. Ternyata lumayan menjanjikan. Atas semangat kreativitasnya, usaha tersebut mengalami kemajuan hanya dalam hitungan bulan.

“Kita bersama teman-teman dengan kreativitas dalam hitungan bulan sudah mengalami kemajuan. Tidak sedikit teman-teman sangat maju di bidang tersebut dalam hitungan bulan. Jadi, kita butuh kreativitas. Ini sudah dibuktikan dari teman-teman,” katanya menyudahi perbincangan. (Helmi M. Fadhil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *