oleh

Bupati Alfedri Ajak Petani Manfaatkan KUR Guna Kembangkan Usaha

-DAERAH-8 views
KABUPATEN SIAK, MIP

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak terus mendorong upaya peningkatan dan pemberdayaan UMKM bidang pertanian maupun peternakan, guna mewujudkan ketahanan pangan Kabupaten Siak. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelontorkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk dua sektor ini.

Hal itu disampaikan Bupati Siak, Alfedri, pada acara di hadapan ratusan petani, penernak, dan pengurus koperasi se-Kecamatan Kerinci Kanan. Acara bertajuk “Sosialisasi KUR Fasilitasi Pembiayaan Pertanian dan Peternakan” itu diselenggarakan di Aula Kantor Camat Kerinci Kanan, Kamis (16/7).

“Saya berharap program ini dapat dimanfaatkan seluruh petani dan peternak, khususnya di Kecamatan Kerinci Kanan. Harapan kita upaya ini dapat meningkatkan produksi pertanian dan peternakan. Nantinya diharapkan dapat menjadikan Kerinci Kanan sebagai salah satu daerah swasembada pangan di Kabupaten Siak,” kata mantan Wakil Bupati Siak dua priode itu.

Tujuan penyaluran KUR adalah memberikan modal usaha bagi petani dan peternak agar dapat meningkatkan produksinya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan. Karenanya, ia mendukung strategi perbankan yang telah diupayakan Himpunan Bank Negara (Himbara) bersama Dinas Pertanian Kabupaten Siak dalam bentuk KUR.

“Kita sangat merasakan dampat pandemi covid-19 ini, terutama pendapatan masyarakat. Pemerintah melalui Himbara memberikan kemudahan bagi para petani yang terbentur modal dalam mengembangkan usahanya,” tuturnya.

Dia menjelaskan, kedaulatan pangan sangat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat karena setiap hari manusia sangat membutuhkan makanan. Inilah yang mendasari pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan swasembada pangan.

Oleh sebab itu, lanjutnya, peningkatan dan pemberdayaan UMKM juga dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan. Program strategis bidang pangan ini harus dapat dicapai secara bersama-sama.

“Bapak Ibu juga bisa melakukan budi daya peternakan, seperti ayam broiler, sapi, domba, atau kambing. Baik tanaman maupun ternak dapat dikembangkan dengan memanfaatan KUR. Di bidang pertanian, Bapak dan Ibu yang masih memiliki lahan kosong juga dapat memanfaatkan KUR untuk membudidayakan lahan tersebut. Berbagai macam tanaman, seperti cabe, bawang, sayuran, bahkan sawit dan ubi racun bisa dibudidayakan,” tandasnya.

Kemudahan Pengajuan KUR

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Siak, Arisman, menjelaskan kemudahan pengajuan KUR.

“Syarat pengajuan KUR itu sangat mudah, hanya melengkapi KTP, NIK, KK, dan RAB (renacana anggaran biaya). Misalnya, ingin menanam bawang merah 2 hektare, berapa bibit yang dibutuhkan, pupuknya, serta pengolahan lahan, berapa dana yang dibutuhkan untuk itu semua. Kemudian, dijabarkan melalui RAB,” jelasnya.

Dia mengharapka masyarakat memanfaatkan kemudahan fasilitas KUR dengan bunga rendah itu. Bahkan, tanpa agunan bagi yang membutuhkan modal usaha di bawah 25 juta. (Herman)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *