oleh

Bupati Lebak Hadiri FGD Bahas Wisata Ramah Muslim 

-DAERAH-8 views
KABUPATEN LEBAK, MIP

Dalam rangka menyusun kajian ekonomi dan keuangan syariah di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tahun 2020, Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jaya Baya, menghadiri rapat focus group discussion (FGD) yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara virtual di Data Centre Setda Lebak, Selasa (4/8).

Turut hadir Fajar Hutomo selaku Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Kepala Dinas Pariwisata Lebak, Camat Bayah, dan berbagai unsur kepariwisataan di Kabupaten Lebak.

Fajar Hutomo, dalam sambutannya, mengatakan, Kabupaten Lebak memiliki potensi wisata yang luar biasa dan memiliki program pengembangan berkelanjutan yang berada di sekitar Bayah Dome.

“Kecamatan Bayah menjadi kawasan geopark yang meliputi geosite, seperti Kecamatan Cilograng, Cibeber, Panggarangan, Cigemblong, Cihara, Sajira, dan Curugbitung. Kabupaten ini juga kental akan keagamaan yang mayoritas penduduknya muslim, maka dari itu kita harus kembangkan pariwisata ramah muslim,” ungkapnya.

Tujuan jangka panjang wisata ramah muslim, menurut Fajar, agar ekosistem ekonomi dan keuangan syariah pada sektor pariwisata dapat berkembang pesat.

“Pandemi saat ini kemudian mengubah kebiasaan kita menjadi lebih digital, maka ini penting untuk dipahami oleh para pelaku usaha di sektor pariwisata, kita harus memanfaatkan teknologi digital yang ada,” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Iti Octavia Jaya Baya siap mendukung program pengembangan wisata ramah muslim yang juga sejalan dengan visi pemerintah, yaitu Lebak sebagai destinasi wisata unggulan berbasis potensi lokal.

“Kita berharap jasa pariwisata di Lebak terus semakin berkembang, khususnya di tengah pandemi covid-19. Kami telah mengeluarkan Perbup No. 28 Tahun 2020 terkait dengan adaptasi kebiasaan baru, terutama di sektor pariwisata, tempat perdagangan, dan sebagainya yang tentunya berkaitan dengan produk perekonomian masyarakat,” kata Iti.

Ia juga memohon dukungan dari seluruh stakeholder guna menyukseskan visi pemerintah daerah terkait pariwisata yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Dukungan dari semua pihak yang kami harapkan saat ini untuk menjadikan Kabupaten Lebak berdiri sejajar di kancah nasional dalam bidang pariwisata maupun bidang lainnya,” pungkasnya. (Apip)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *