oleh

Hasil Penghitungan Suara KPUD Beltim: Burhanudin-Khairil Anwar Unggul

-DAERAH, POLITIK-44 views
BELITUNG TIMUR. MEDIA INFO PUBLIK

KPUD Belitung Timur (Beltim) melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupten Beltim, Minggu (13/12). Rapat dipimpin langsung Ketua KPU Beltim, Rizal, S.T., sedangkan penghitungan rekapitulasi hasil pemilukada 2020 dipimpin Komisioner KPU, Yuli Restu Wardi.

Rapat yang dimulai sekira pukul 14.00 WIB hingg 19.30 WIB tersebut dihadiri seluruh Komisioner KPU Beltim, skretariat komisioner, KPU Babel. Bawaslu provinsi, Bawaslu Beltim, Dandim 0414/Belitung, dan Kapolres Beltim juga hadir dalam rapat itu. Bupati Beltim dan DPRD Beltim diwakili oleh utusan yang ditunjuk. Paslon juga hadir diwakili orang yang ditugaskan. PPK kecamatan dan undangan lainnya juga hadir dalam rapat itu.

Ketua KPU Beltim, Rizal, S.T. menyerahkan berkas berita acara kepada saksi paslon untuk kabupaten (Foto: Helmi M.F.)

Sementara itu, Auditurium Zahari M.Z. di kawasan perkantoran terpadu Pemkab Beltim, Jln. Manggar-Gantung Beltim, mendapat pengawalan TNI Polri. Kedua aparat negara itu bersiaga penuh di sekeliling gedung yang menjadi tempat rapat pleno tersebut. Protokol kesehatan Covid-19 tetap dilaksanakan secara ketat pada rapat tersebut.

Dalam keterangan persnya, Komisioner KPUD Beltim, Yuli Restu Wardi, mengatakan, rapat pleno sudah sampai pada kesimpulan. Hasilnya, paslon nomor urut 1 (Burhanudin-Khairil Anwar) meraih 36.255 suara. Paslon nomor urut 2 (Yuri Kemal Fadlullah-Nurdiansyah) mengumpulkan 31.087 suara. Adapun suara sah sejumlah 67.255, tidak sah 2.224. Sehingga suara sah dan tidak sah jumlahnya 69.566 suara.

Komisioner KPU foro bersama dengan PPK (Foto: Helmi M.F.)

“Dari saksi pasangan calon maupun bawaslu, tidak ada yang keberatan terkait dengan hasil yang ditetapkan,” kata Yuli.

Dia melanjutkan, KPUD Beltim akan mengirim ke KPU RI sembari memberi waktu kepada paslon untuk tiga hari ke depan.

“Kepada pasangan calon kita memberikan waktu tiga hari ke depan jika akan melakukan gugatan ke MK. Jika tidak ada gugatan, kita masuk ke fase penetapan calon terpilih,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Beltim, Epan Yudistira, juga memberikan tanggapannya terkait hasil rapat pleno tersebut dengan singkat namun padat.

“Ada beberapa catatan khusus berjenjang ditemukan dari jajaran Bawaslu, tercatat di TPS. Kita memberi masukan dan koreksi terkait akurasi data sebelum ditetapkan di tingkat kabupaten dan sebelum direkap,” ungkap Epan. (Helmi M. Fadhil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *