oleh

Irjen Pol Boy Rafli Amar Dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT

-NASIONAL-11 views
Jakarta, MIP

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Sumpah itu diucapkan ketika jenderal polisi berbintang dua itu dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNPT, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5). Boy menjabat sebagai Kepala BNPT berdasarkan Keppres No. 86/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan BNPT tertanggal 5 Mei 2020.

Dengan mengenakan masker hitam ia melanjutkan sumpahnya mengikuti bimbingan Presiden Jokowi, “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela.”

Pelantikan itu dihadiri oleh undangan terbatas, sekitar 20 orang, termasuk Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, mantan Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius, Menko Polhukam Mahfud M.D., Mensegneg Pratikno, serta pejabat terkait lainnya

Pemberian ucapan oleh Presiden Jokowi, yang juga mengenakan masker hitam, dan tamu undangan dilakukan dari jarak sekitar 1 meter dengan mengatupkan kedua tangan di dada.

Karier Boy Rafli Amar

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menunjuk Irjen Pol Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT), menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius.

Penunjukan tersebut tertuang dalam Surat Telegram No.: ST/1377 – 1378/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020, yang ditandatangani Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, mewakili Kapolri. Suhardi Alius dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

Boy Rafli Amar memulai karir kepolisiannya pada 1988 sebagai Pamapta Polres Metro Jakarta Pusat dengan pangkat ipda. Karirnya mulai naik usai menempuh pendidikan di PTIK pada 1997. Setelah beberapa kali berpindah-pindah jabatan, pada 2009, Boy ditunjuk sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Pada 2010, ia ditarik ke Mabes Polri dan diangkat menjadi Kabagpenum Ropenmas Polri. Dua tahun berselang, ia dipromosikan menjadi Karopenmas Polri dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Boy kemudian ditunjuk sebagai Kapolda Banten pada 2014, sebelum akhirnya ditarik kembali ke Mabes Polri sebagai Kadiv Humas Polri pada 2016 dengan pangkat jenderal bintang dua.

Pada 2017, Boy diangkat sebagai Kapolda Papua. Setahun kemudian, dia dimutasi sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Wakalemdiklat) Polri hingga akhirnya menjabat sebagai kepala BNPT. (Rus/dbs/ant)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *