oleh

Karang Taruna Desa dan Karang Taruna Kecamatan Pacet Dikukuhkan

-DAERAH-44 views
KABUPATEN CIANJUR, MIP

Sedikitnya 130 orang mengikuti kegiatan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Tingkat Desa dan Tingkat Kecamatan Pacet Masa Bakti 2020-2025. Kegiatan dibuka langsung Ketua Umum (Ketum) Karang Taruna (KT) Kabupaten Cianjur, Mudrik, di Wisma Sinarkasih Pacet, Sabtu (12/9).

“Selamat bekerja para pengurus karang taruna tingat desa dan tingkat Kecamatan Pacet yang telah dikukuhkan,” ujar Mudrik.

Pada acara tersebut, ia menyematkan lencana kepada anggota Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) dan para pengurus KT Kecamatan Pacet.

Di ucapkan selamat bekerja kepada pengurus KT tingkat desa dan tingkat kecamatan Pacet yang telah dikukuhkan,” ujar Ketua Umum KT Kabupaten Cianjur, Mudrik dalam sambutannya sekaligus penyematkan lencana kepada MPKT Kecamatan Pacet dan pengurus KT Kecamatan Pacet.

Masa bakti KT yang sebelumnya tiga tahun, katanya menyampaikan, kini menjadi lima tahun. KT adalah organisasi sosial terbesar di Indonesia dan bersinergi dengan pemerintah.

“Karang taruna wajib mengawasi pemerintah. Ketika ada kebijakan chaos, KT wajib mengingatkan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, anggaran KT tingkat kabupaten bersumber dari APBD, sedangkan di tingkat desa alokasi anggaran dari APBdes. Di tingkat desa, KT wajib dilibatkan dalam kebijakan pemerintah desa, mulai dari musayawarah dusun (Musdus).

“Oleh karena itu, pengurus KT jangan jadi hantu dan jangan terlibat bancakan,” katanya tegas mengingatkan.

Dalam pada itu, ketua karang taruna terpilih untuk Kecamatan Pacet, Tatang Suherman, meminta untuk menjadi KT yang kuat dan bisa menjadi pelopor pemuda yang mampu membantu pemerintah, khususnya buat masyarakat.

“Jadi jangan baper tatkala ada yang menerpa perjuangan,” ungkapnya.

Menurut ketua pelaksana pengukuhan, Dasep Rohendi, kegiatan pengukuhan pengurus KT Kecamatan Pacet dihadiri KT Kabupaten Cianjur beserta jajarannya, Forkopimcam Pacet dan jajarannya, termasuk kepala desa, MPKT, Ketua MUI, KNPI DPK, dan forum ormas, LSM, OKP se-Kecamatan Pacet. (M. Faizal)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *