oleh

Kepala Bakamla Terima Kunjungan Plt. Dubes AS 

-NASIONAL-11 views
JAKARTA, MIP

Charge d’ Affaires Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia (Plt. Dubes AS), Mrs. Heather Variava , mengadakan kunjungan kehormatan (courtessy call) kepada Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya (Laksda) TNI Aan Kurnia, di Markas Besar Bakamla RI, Jln. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/5).

Kedatangan Variava diterima dengan hangat oleh Aan Kurnia beserta para pejabat utama Bakamla. Ia didampingi Eugene Ford (Political Officer), Letkol US Marine Corps Kathryn Paik (Liaison Officer, serta beberapa staf Kedubes AS.

Baca Juga: Irjen Pol Boy Rafli Amar Dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT

Selain untuk bersilaturahmi, Variava memperkenalkan diri  selaku Plt. Dubes AS untuk Indonesia. Ia juga mengadakan pembicaraan strategis tentang penguatan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik.

Aan menyampaikan, selain fokus melaksanakan operasi kamla. saat ini Bakamla tengah menitikberatkan pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

“Bila pandemi covid-19 ini berakhir, kami siap untuk melanjutkan pengiriman personel kami guna mengikuti berbagai pelatihan di AS,” katanya menjawab tawaran peningkatan SDM Bakamla di USCG AS dari Variava.

Ketua Bakamla Diundang

Dalam kesempatan tersebut, Variava juga menyampaikan undangan Komandan US Coast Guard, Admiral Karl L. Schultz, kepada Kepala Bakamla RI untuk berkunjung ke AS.

Sejak ditandatanganinya Work Plan 2017 hingga saat ini Bakamla RI dan US Coast Guard telah melaksanakan sejumlah kerja sama. Prioritasnya, pada peningkatan kapasitas di bidang keselamatan maritim, keamanan, penegakan hukum, dan perlindungan lingkungan dengan titik berat pada pengelolaan organisasi yang efisien, kapasitas SDM, dan sejumlah keterampilan teknis.

Baca Juga: Panglima TNI: Seluruh Jajaran TNI Harus Terus Mendukung Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

Khusus dalam pengembangan kapasitas SDM, telah dilaksanaan pelatihan dasar dan lanjutan bagi personel Bakamla RI di pusat pelatihan USCG di AS. Pelatihan itu di antaranya boatswain mate, damage controlman, machinery technician, electrician mate, maritime law enforcement specialist,  gunner’s mate, intelligence specialist, healt service technician/medical specialist/corpsman, information system, storekeeper, culinary specialist, yeoman, dan penyelam.

Kerja sama lainnya adalah pembentukan maritime security training center (unit pendidikan dan latihan keamanan laut) di Batam, dalam Kantor Zona Maritim Barat Bakamla RI dan Pangkalan Bakamla RI di Barelang, Batam, Kepri. (Rus/Puspen TNI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *