oleh

Pangkogabwilhan-I Resmikan Markas Komando Kogabwilhan-I di Tanjung Pinang

-NASIONAL-3 views
TANJUNG PINANG, MIP

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan-I), Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. meresmikan Markas Komando (Mako) Kogabwilhan-I yang terletak di Jln. Brigjen Katamso, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Senin (4/5).

Peresmian Mako Kogabwilhan tersebut dilaksanakan melalui video conference. Pangkogabwilhan-I berada di Jakarta sedangkan Kaskogabwilhan, Mayjen TNI Richard Tampubolon, di Tanjung Pinang.

www.mediainfopublik.com

Yudo mengatakan, peresmian Gedung Sudirman Mako Kogabwilhan-I di Tanjung Pinang dapat diwujudkan karena partisipasi dan dukungan dari seluruh unsur  terkait. Gedung Sudirman yang dijadikan Markas Komando Kogabwilhan-I ini sebelumnya merupakan Mes Kartika milik TNI AD.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembangunan dan renovasi Mako Kogabwilhan-I, sehingga dapat diresmikan hari ini. Peresmian Mako ini sesuai dengan Keppres No. 27/2019. Dalam keppres tersebut dinyatakan bahwa Mako Kogabwilhan-I berkedudukan di Tanjung Pinang,” ungkapnya.

Kogabwilhan-I yang baru terbentuk pada 2019, katanya menjelaskan, telah dihadapkan dengan berbagai tugas operasi militer maupun operasi bantuan kemanusiaan, seperti Operasi Siaga Tempur Laut berupa pengusiran kapal ikan asing yang berada di Laut Natuna,  Operasi Kemanusiaan Penanganan Covid-19  dengan membawahi  empat Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgapad), yaitu di Natuna, Pulau Sebaru,  Pulau Galang, dan Wisma Atlet Kemayoran.

Ia berharap, dengan beroperasinya kantor Mako Kogabwilhan-I di Tanjung Pinang ini dapat lebih mengukuhkan eksistensi Kogabwilhan-I sebagai institusi yang dibentuk untuk pelaksana tugas operasional Panglima TNI dalam menghadapi kompleksitas ancaman negara di masa depan.

Turut hadir dalam peresmian tersebut antara lain Plt. Gubernur Kepri, Isdianto, dan Plt. Wali Kota Tanjung Pinang, Rahma, pejabat teras TNI AD, AL, AU, dan Polri, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kepri. (Rus/Puspen TNI)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *