oleh

Pemkab Lebak Gelar FGD Rencana Pengembangan Geosite

-DAERAH-36 views
KABUPATEN LEBAK, MEDIA INFO PUBLIK

Pemkab Lebak menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rencana Pengembangan Geosite di Kawasan Geopark Bayah Dome. FGD tersebut merupakan tindak lanjut hasil verifikasi lapangan usulan penetapan warisan geologi Kabupaten Lebak oleh Pusat Survei Geologi Kementerian ESDM.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, memimpin langsng FGD yang berlangsung di Aula Multatuli Setda Lebak, Rabu (13/1) ini. Hadir pula Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, dan Asda Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Lebak. Tampak juga terlihat hadir Kepala Bapelitbang Lebak dan beberapa stakeholders, antara lain Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Perum Perhutani, PTPN VIII, PT Cemindo Gemilang, PT Legon Pari Mustika, dan PT Banten Planting.

FGD geosite
Bupati Iti Octavia menandatangani kesepakatan dengan para pemangku kepentingan pengelola lahan (Foto: Hms)

Bupati menjelaskan, dari potensi warisan geologi yang diusulkan terdapat 32 lokasi potensial untuk ditetapkan sebagai warisan geologi Kabupaten Lebak. Namun, status pengelolaan lahannya berada di luar penguasaan Pemkab Lebak.

BACA JUGA:Lapas Rangkasbitung Bekali WBP dengan Pelatihan Pertanian

“Dalam kesempatan ini, saya meminta peran aktif dan keterlibatan secara langsung para pengelola lahan yang di dalamnya terdapat warisan geologi. Kami minta untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah mewujudkan konsepsi pengembangan geopark,” ungkap Iti.

FGD menghasilkan beberapa kesepakatan. Salah satunya, Pemkab Lebak dan stakeholders pengelola lahan bekerja sama menjaga dan melestarikan warisan geologi dan keanekaragaman hayati. Upaya itu merupakan upaya konservasi terhadap warisan bumi.

BACA JUGA:Diawali Presiden, Vaksinasi Covid-19 Secara Gratis Resmi Dimulai di Seluruh Indonesia

Selain itu, para stakeholders membuat rencana pengelolaan dalam pengembangan geosite di tiap-tiap lokasi, baik secara mandiri maupun kerja sama. Di tambah pula, stakeholders melakukan pemanfaatan geosite untuk pengembangan pariwisata alam dan wisata minat khusus penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Para stakeholders pengelola lahan diharapkan berperan aktif dan terlibat secara langsung dalam menyukseskan FGD penetapan warisan geologi (geoheritage). (Apip/Man)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *