oleh

Polri Luncurkan Inovasi, Warga Beltim Bisa Punya SIM Internasional dengan Mudah 

-DAERAH-28 views
BELITUNG TIMUR, MIP

Korlantas Polri meluncurkan inovasi yang luar biasa, yakni warga negara Indonesia (WNI) bisa membuat permohonan penerbitan SIM internasional dengan mudah dan tidak merepotkan si pemohon. Hal tersebut tentu merupakan wujud peningkatan pelayanan Polri kepada seluruh masyarakat, khususnya di bidang fungsi lalu lintas. Tentu hal itu juga berlaku bagi masyarakat Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Demikian dikatakan Kasat Lantas Polres Beltim, AKP Nicodemus Brahmana, S.H., S.I.K., atas seizin Kapolres Beltim, AKBP Jojo Sutarjo, S.I.K., M.H., Senin (6/7).

“Meskipun dalam situasi masih pandemi covid-19, Polri tidak menginginkan untuk menunda agar pelayanan kepada masyarakat semakin terus meningkat, berkembang, dan yang pasti terus berinovasi untuk mempermudah masyarakat terkait keperluannya di institusi Polri,” ujarnya.

Untuk SIM internasional, pemohon bahkan tidak perlu datang ke Satpas SIM Internasional Korlantas Polri di Jakarta. Namun, karena ini tergolong terobosan baru tentu masih banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Karenanya, ia melanjutkan, informasi ini akan gencar disosalisasikan kepada masyarakat, baik melalui media sosial, media cetak, pemasangan spanduk di berbagai titik, sampai bertatap muka langsung dengan masyarakat.

Secara Online

“Permohonan SIM internasional ini dilakukan secara online, melalui akses berbasis website. Sedangkan proses pengiriman hasil cetak SIM akan menggunakan jasa pengiriman ke alamat rumah pemohon. Untuk dapat melakukannya, para pemohon bisa mengakses www.siminternasional.korlantas.polri.go.id.  Atau, dengan cukup menulis kata kunci SIM internasional melalui browser yang ada di ponsel atau komputer. Selanjutnya, pemohon diminta melakukan registrasi secara online dengan mengisi data diri sesuai dengan data yang tertera di KTP. Setelah alamat website diakses dan teregistrasi, para pemohon akan mengisi data-data yang dibutuhkan yang telah disediakan sesuai form yang tertera,” paparnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan pemohon SIM adalah upload foto SIM yang masih berlaku, KTP, paspor, Kitap khusus WNA dan upload pas foto dengan warna latar belakang putih. Kemudian juga upload foto tanda tangan. Kemudian, pemohon SIM akan memilih cara pengambilan SIM internasional: diambil sendiri di kantor pelayanan SIM Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman ekspres yang ada.

Setelah data lengkap dan dinyatakan diterima oleh sistem website, pemohon SIM akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM internasional dan jasa pengiriman.

“Bukti pembayaran akan dikirim melalui email yang teregistrasi dari pemohon SIM. Pembayaran dapat dilakukan secara non tunai melalui ATM, M-Banking, internet banking maupun setor tunai pada bank. Setelah pemohon SIM melakukan pembayaran, petugas di kantor pelayanan SIM internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik. Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi dan validasi data pemohon serta melakukan indentifikasi data,” tuturnya.

Jika persyaratan lengkap dan sesuai, katanya menambahkan, petugas akan melakukan pencetakan buku SIM internasional, dilanjutkan melakukan pengiriman sesuai pilihan pemohon. Pemohon yang telah melakukan pembuatan SIM internasional secara online dapat memberikan penilaian pelayanan dengan memberikan indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang dapat diakses langsung melalui website SIM internasional.

“Masyarakat Kabupaten Beltim yang masih belum paham dengan prosedur atau cara mengakses website tersebut, petugas kami yang ada di Satpas Polres Beltim bersedia dengan senang hati untuk membantu,” pungkasnya. (Helmi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *