oleh

Uji Kemampuan Satuan Koopsau Strategi Operasi Udara Wing l Paskhas

-DAERAH-17 views

Belitung Timur, MIP,- Latihan antar satuan jajaran Koopsau l ” Jalak Sakti dan latihan wing 1 paskhas Harddha Marutha l digelar di Lanud HAS Hanandjoeddin. Marutha I (14/6) latihan jalak sakti. Senin (14/6/2021).

Kopassau 1 di diaksanakan operasi udara di wilayah kopassau 1 dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur satuan selain itu latihan ini menakar tingkat kesiapan kemampuan menghadapi kontijensi guna mendukung tugas pokok TNI.

Pelibatan wing 1 paskhas dalam latihan kali ini diberi sandi Harda marutha 1 bertujuan untuk melatih interoperability dalam komando satuan tugas.

latihan jalak sakti eabbHardha Marutha l tahun 2021 akan melibatkan semua jenis pesawat tempur angkut dan pesawat tanpa awak dan jajaran wing 1 paskhas melibatkan radar sama halter dan target beberapa mortir dan seniper skadron udara datang dari skandron udara Skandud 1 SPO, Skandud 12 RSN, Skandud 31 HLM, Skandud 2 HLM, Skandud 6 dan 8 ATS, Skandud 16 RSN, Skandud 5 HLM, dijajaran koopsau l, sedangkan jajaran wing 1 paskhas, Denmatra l paskhas, Debhanud 271 paskhas dan Denhanud 474 paskhas.

Latihan antar satuan koopsau l pasal 1 jalak sakti dan wing 1 paskhas hardha Marutha 1 dibawah komando direktur latihan kolonel PnB radar suharsono yang sehari-hari menjabat sebagai asisten oprasi kaskoopsau l, latihan ini akan melibatkan seluruh satuan di jajaran koopsau 1 yang terdiri dari 20 lanud dari Sabang hingga sebagian Jawa dan sebagian Kalimantan serta wing 1 paskhas latihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai 13 sampai 15 Juni 2021 di AWR Buding Kabupaten Belitung Timur Provinsi Bangka Belitung dan ini sebelumnya juga sudah di laksanakan geladi posko yang dilaksanakan sejak tanggal 2 sampai 5 Juni 2001 baik secara tatap muka maupun dari geladi posko sendiri telah dibuka oleh Pangkoopsau l Mrsda TNI Ir Tedo Rizalihadi S,MM dan diikuti oleh seluruh komandan Lanud para Dawung dan komandan batalyon di jajaran wing 1 paskhas.

Pankoopsau 1 mengatakan, latihan antar satuan jajaran koopsau l Jalak Sakti dan Hardha Marutha l tahun 2021 merupakan Latihan yang bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran koopsau 1 dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil guna serta mewujudkan kesiapsiagaan oprasional dan melatih interoperability dengan wig l paskhas. Manuver lapangan antara lain, pengamatan udara, operasi udara, lawan udara, defensif, Jun Satpur, OP3U, menembak mortir, menembak roket QW 3 dan lainnya.

Ikut hadir, Kepala staf angkatan udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE, M.PP, Pangkoopsau l Marsda TNI Ir Tedo Rizalihadi, S.MM, Dankoorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo Yuliastono SE, M,Tr Han, Pangdam ll Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Gubernur Bangka Belitung Dr H. Erzaldi Rosman, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur Drs Burhanudin. (Helmi M Fadhil).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *