oleh

Upika Tualang Gelar Sosialisasi Tahapan Pemberlakuan Normal Baru

-DAERAH-30 views
KABUPATEN SIAK, MIP

Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Tualang, Kabupaten Siak, Riau, mengadakan rapat sosialisasi Normal Baru (New Normal) percepatan penanganan covid-19. Sosialisasi dipimpin Camat Tualang, Zalik Efendi, bersama Kapolsek Tualang, AKP M. Faizal Ramzani, dan Danramil Perawang, Kapten Inf M.T. L. Tobing.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Lama KM6 Kelurahan Perawang, Sabtu (30/5).

Turut hadi dalam kegiatan tersebut adalah MUI Kecamatan Tualang, Khairuddin Rasul, dan KUA Tualang, Najamuddin.  Tampak pula Penghulu Kampung Tualang, Juprianto, dan Penghulu Maredan Barat, H. Aljufri, hadir bersama tokoh masyarakat. Juga tak ketinggalan para pengurus masjid/musala se-Kecamatan Tualang dan pengurus gereja Kecamatan Tualang.

Kapolsek Tualang, AKP Faizal Ramzani, menyampaikan, sosialisasi I tentang protokol kesehatan tersebut menjelang pemberlakuan Normal Baru, Senin, 1 Juni 2020.

“Kita akan dihadapkan pada cara hidup baru setelah masa pandemi tiga bulan terakhir ini. Aktivitas kita akan kembali normal, namun tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” kata mantan Kasat Reskrim Polres Siak itu.

Namun, katanya mengingatkan, jika tidak disiplin dalam menjalankannya, usaha yang telah kita perjuangkan selama ini akan sia-sia.

Dalam pelaksanaan sosialisasi, dia menegaskan, kondisi wilayah Kabupaten Siak, khususnya Kecamatan Tualang, hingga saat ini berada pada kondisi normal. Kondisi tersebut merupakan upaya dan kerja keras seluruh elemen masyarakat Kecamatan Tualang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Nantinya, lanjutnya, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui masyarakat dalam menjalankan usaha bisnisnya ke depan pada masa Normal Baru.

” Polsek Tualang akan mengawasi dan mendirikan dua pos penjagaan protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran covid-19,” tukasnya.

Jajaran Upika Tualang tak henti sosialisasikan pencegahan penyebaran covid-19 (Foto: Herman)
Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19

Camat Zalik Effendi mengatakan, sejak masa pandemi covid-19 maupun Upika Tualang selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Sejak ditetapkan pandemi ini kami gencar melakukan sosialisasi dengan cara membagikan ribuan masker dan melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Siang maupun malam harinya dilakukan patroli pada daerah keramain, seperti pasar, toko, tempat ibadah, dan terminal,” jelas Zalik.

Dia mengatakan, doa maupun ritual adat dari tokoh-tokoh agama dan adat juga telah dilakukan. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab kita bersama menjaga wilayah Tualang.

Ia meminta masyarakat tetap menaati imbauan pemerintah bekerja sama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Masyarakat, katanya mengingkatkan, harus tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan tetap rajin mencuci tangan dengan sabun.

Dalam kurun waktu 3 bulan ini pelajaran berharga yang dapat kita petik adalah tidak lagi memandang remeh keberadaan wabah virus ini.

“Mari bergandengan tangan untuk tetap bekerja sama agar negeri kita ini, khususnya Tualang, agar segera dijauhkan dari virus ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Danramil Tualang, Kapten Inf M.T. L. Tobing, mengingatkan, para pedagang di pasar agar tetap menggunakan masker. Begitu pula sebaliknya, masyarakat yang datang berbelanja maupun yang mengunjungi kantor pelayanan publik jangan lalai memakai masker.

“Apabila tidak memakai masker, TNI, Polri, dan Satpol PP akan memberi sanksi dengan tidak diberikan lapak untuk berjualan,” tegasnya.

Masyarakat yang memerlukan pelayanan publik tetapi tidak menggunakan masker, kata Tobing, sebaiknya tidak dilayani karena tidak mematuhi protokol kesehatan. (Herman)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *