oleh

Wabup Lebak Hadiri Penyerahan Secara Virtual 1 Juta Sertifikat Tanah oleh Presiden

-DAERAH-70 views
LEBAK, MEDIA INFO PUBLIK

Wakil Bupati Lebak, Banten, Ade Sumardi, menghadiri penyerahan 1 juta sertifikat hak atas tanah yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, secara virtual. Wabup menyaksikannya di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) JIn. Syech Nawawi Al-Bantani Serang, Banten, Senin (10/11). Ade hadir bersama Gubernur Banten, Wahidin Halim, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng,dan bupati/wali kota se-Provinsi Banten.

Satu juta sertifikat tersebut diserahkan kepada masyarakat di 31 provinsi dan 201 kabupaten/kota. Penyerahan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang.

Penerbitan sertifikat hak atas tanah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan (Foto: Apip)

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku, dirinya sering menerima keluhan dari masyarakat mengenai tanah yang belum bersertifikat. Hal itu dapat mengakibatkan banyak terjadinya sengketa lahan. Masyarakat, sambungnya, malas mengurus sertifikat karena prosedur yang rumit dan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Untuk itu, ia memerintahkan Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan Djalil, untuk mempermudah prosedur pengurusan dan mempercepat penerbitan sertifikat hak atas tanah. Ia memberikan target yang harus dicapai oleh jajaran Kementerian ATR/BPN.

BACA JUGA:FK LSM Lebak Laporkan Dugaan Penggelapan Pajak ke KPK

“Tahun ini sebetulnya saya beri target 10 juta (sertifikat). Tetapi, saya tahu ini ada pandemi, ada hambatan di lapangan maupun kantor, saya turunkan dari 10 juta menjadi 7 juta. Saya yakin insyaallah ini juga akan bisa tercapai,” pungkasnya.

Sementara itu, usai menghadiri penyerahan sertifikat, Wabup Ade mengatakan, program sertifikasi tanah merupakan bagian dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan Presiden Jokowi. Ini merupakan langkah konkret pemerintah pusat dalam menyelesaikan berbagai konflik pertanahan yang sering terjadi di masyarakat.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Pelanggaran Etika Plt. Ketua DPRD Lebak, Forum Komunikasi LSM Lebak Datangi Kembali Badan Kehormatan

“Alhamdulillah, dari satu juta sertifikat yang diberikan presiden, Lebak menerima 16.147 sertifikat untuk masyarakat di berbagai daerah di 11 kecamatan,” ungkapnya.

Untuk diketahui Kementrian ATR pada 2016 telah menerbitkan sebanyak 1,1 juta sertifikat. Pada 2017 kementerian ini menerbitkan sebanyak 5,4 juta sertifikat, 9,3 juta sertifikat pada 2018, dan 11,2 juta sertifikat 2019. (Apip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *