oleh

Waspada! Gempa dan Air Laut Menerjang Wilayah Banten Selatan

-DAERAH-428 views
LEBAK, MEDIA INFO PUBLIK

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa yang terjadi pukul 01:09:28 WIB di kawasan Cibayawak, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (22/10). Data BMKG menunjukkan pusat gempa berada di darat, 9 km timur laut Bayah dengan kekuatan magnitudo 2,6 SR, berada pada titik koordinat 6,92 LS 106.34 BT.

BMKG mengingatkan agar masyarakat Cibayawak Bayah dan sekitarnya selalu waspada potensi gempa susulan.

Seorang warga Bayah, Aldi, membenarkan adanya gempa sekitar pukul 01:09:28 WIB pada dini hari tadi.

“Semua warga panik dengan adanya gempa dini hari tadi. Bahkan, kami sangat kaget melihat air laut sampai naik ke daratan hingga 30 sampai 40 meter dari pasang laut biasanya,” jelasnya.

Menurut dia, kejadian gempa tersebut sama persis dengan kejadian pada 2018 lalu. Pada saat itu, katanya menambahkan, air laut juga naik ke daratan hingga 27 meter.

“Saya dan semua warga di sini sebenarnya selalu dihantui rasa takut dan trauma. Tetapi, harus bagaimana lagi kami tidak bisa berbuat banyak. Hanya bisa berdoa,” tambahnya.

Selain itu, BMKG juga mencatat pusat gempa susulan yang terjadi sekitar pukul 06.50 WIB di wilayah Kecamatan Bayah. Pusat gempa masih berada di darat, 9 km arah tenggara Bayah, berkekuatan magnitudo 4,5 SR berada pada titik koordinat 6.98 SL- 106.32 BT.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan, lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang terjadi akibat aktivitas sesar aktif.

Gempa susulan pada pagi hari tersebut dirasakan warga Bayah dan sekitarnya sehingga beberapa warga banyak yang lari keluar rumah.

BMKG terus mengimbau agar semua warga selalu waspada. Karena, bukan hanya gempa yang dikhawatirkan, cuaca ekstrim juga akan menjadi potensi peningkatan gelombang air laut. (Man/Apip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *